Selasa, 26 Juli 2011

Joke -,- (Stand Up Comedy vs Ussual Comedy)

Pernah dengar apa itu Stand Up Comedy? Gak pernah dengan? Ah kepo!! tapi sebenarnya aku juga baru kemaren malam dengan kalimat atau kata atau frasa atau apapun itu atas rekomendasi dari temenku Juju . Tapi pas diliat ternyata kita-walaupun gak sadar- udah sering ngeliat  dan emang gak baru-baru amat di Indonesia. 

Kalo di Indonesia dulu ada Taufik Savalas (Alm) dengan acara "Comedy Cafe" terus Butet Kartaradjasa juga senior Stand Up Comedy di Indonesia walaupun dia juga gak melabeli dirinya sendiri sebagai seorang Stand Up Comedy. Dari tadi pada tua semua ya hahhaha tenang aja ada juga kok yang muda. Pada tau Raditya Dika kan? Nah baru-baru ini dia juga mulai merambah dunia Stand Up Comedy. Boleh diliat di sini (Stand Up Comedy Indonesia by: Raditya Dika). Kalo di luar sendiri juga banyak kayak Jean Paul ataupun Eddie Izzard

Oiya masih belum kujelasin ya Stand Up Comedy itu apa. Sebenarnya sih aku juga kurang tahu yah sederhananya Stand up comedy adalah seni melawak (komedi) yang disampaikan di depan penonton secara langsung (live). Biasanya sang komedian akan melakukan one man show. melemparkan lelucon melalui monolog atau statement dalam satu kalimat yang mengandung humor.Dan terkadang lawakannya banyak berisi sarkasme, rasis, sex ejekan, dll yang bersifat yaah tau sendiri lah..

Sebenarnya aku suka2 aja sih dengan segala jenis joke baik di tipi-tipi yang seringnya pakai kontak fisik, ejekan, sarkasme, ataupun membuat diri sendiri terlihat bodoh kayak OVJ, Ups Salah!!, Bajai Bajuri, Suami-suami Takut Istri dan banyak lagi #kalo dipikir-pikir Indonesia emang banyak acara komedinya. Apa karena penduduk Indonesia butuh banyak hiburan ya??# ataupun joke yang sekedar satu orang bercerita melampirkan monolog kayak Stand Up Comedy ini yah oke-oke aja.
Tapi jangan suruh aku nonton film lawak #katanya sih?! yang ada di global ** #maaf.. salah sensor ><. Ituloh film-film kayak A*as Ada Sule, Super Hero Plagiat Kocak, Abdel d*n Temon... Sumpah garing.. iiiih...

Mungkin ada orang yang bilang
'Gua lebih suka Stand Up Comedy karena jokenya lebih segar gak perlu kekerasan ataupun pembodohan diri'
atau ada juga yang bilang
'Gua lebih suka lawakan tivi karena lebih heboh'

Kalau menurutku sih oke-oke aja setiap orang pasti punya pendapat yang berbeda-beda. Dan emang gak bisa kita pungkirin sih kalu acara lawakan apapun itu pasti ada unsur kekerasan, ejekan, sarkasme, seks dan hal-hal lain yang emang selalu menjadi bumbu dalam lawakan walaupun sedikit pasti ada.

Jadi gak perlu maksain diri buat gak ketawa nonton lawakan di tipi padahal sebenarnya pingin ngakak guling-guling, cuma buat dibilangin smart karena udah beralih ke Stand Up Comedy yang lebih eksklusif. Yah kalo kubilang sih semuanya BULL SHIT!! Semua lawakan sama buat kita terhibur mau jenis apapun itu dan pasti ada kekurangannya.
Contoh kita tau lawakaan di tipi banyak mengandung kontak fisik yang lebih mengarah ke kekerasan terus kita mau antipati?? Enggak juga kan??
Gimana dengan Stand Up Comedy yang banyak jelekin orang kayak Raditya Dika sampe2 ngejelekin Negerinya sendir


Kayak yang kubilang dari tadi semua lawakan sama kalo emang mau ketawa ya ketawa aja. Gak perlu gengsi untuk ketawa.

0 chit-chat:

Posting Komentar